Resep Anti Gagal Olahan Ayam Goreng Lengkuas Garing Berempah

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai jenis olahan. Bahan makanan yang mudah didapatkan serta harganya terjangkau menjadikan ayam sering menjadi pilihan. Banyak jenis olahan yang bisa dibuat dengan bahan utama ayam, mulai yang pedas, manis, berempah, gurih, bersantan, berkecap ataupun yang lainnya. Tidak heran jika para ibu rumah tangga selalu memasukkan ayam sebagai menu dalam salah satu hari setiap minggunya. Apakah Anda salah satu orang yang sering menggunakan ayam sebagai menu makan keluarga?

Ayam Goreng Lengkuas

Dari sekian banyak resep olahan ayam yang nikmat, masakan ayam goreng lengkuas menjadi salah satu pilihan paling tepat. Dimana ayam yang diolah dengan berbagai bumbu pilihan nusantara sehingga memberikan sensasi sedap. Ini sangat nikmat ketika dimakan dengan menggunakan nasi panas dan sambal pedas. Jangan membayangkan yang sulit, karena ternyata pengolahan ayam lengkuas cukup simpel, mudah dan tentunya tidak perlu waktu lama. Bagi Anda yang penasaran seperti apa caranya, intip pada artikel kali ini.

Bumbu Resep Ayam Goreng Lengkuas

Meskipun namanya ayam goreng lengkuas bukan berarti bumbu yang diperlukan hanya lengkuas saja. Tetap memerlukan bahan lainnya untuk memberikan kesedapan pada ayam saat diungkep lalu digoreng. Bumbu yang diperlukan untuk ¾ ayam perlu 3 ruang lengkuas, 5 butir bawang putih, 1 sendok the ketumbar, 2 ruas kunyit, 1 ruas jahe, garam sesuai dengan selera, 1 batang serai, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk. Seperti yang diketahui olahan khas Indonesia memang lebih nikmat karena menggunakan banyak bumbu nusantara yang tidak ditemukan di negara lainnya.

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah disiapkan, saatnya untuk melakukan pengolahan yang tidak perlu waktu lama. Cara pembuatan yang simpel seperti:

  1. Pertama cuci bersih ayam dengan air yang mengalir, untuk menghilangkan bulu ataupun lendir pada ayam.
  2. Sebelumnya haluskan bumbu dapur yang telah disiapkan sebelumnya, untuk lengkuas bisa Anda parut tanpa perlu dihaluskan bersama dengan bumbu lainnya.
  3. Masukkan ayam pada air yang sudah mendidih bersama dengan bumbu halus dan lengkuas parut.
  4. Bisa tambahkan gula, lada dan garam sesuai dengan selera untuk memberikan kenikmatan ayamnya.
  5. Masak sampai dengan air menyusut dan ayam matang sempurna.
  6. Setelah semuanya selesai bisa angkat ayam, tidak lupa untuk menyaring air supaya lengkuas parut bisa diambil.
  7. Tiriskan baik ayam maupun lengkuas sampai benar-benar kering.
  8. Setelah semuanya kering, bisa goreng ayam dan parutan lengkuas pada minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  9. Setelah itu tunggu ayam sampai dengan berubah warna atau kuning kecoklatan.
  10. Ayam goreng lengkuas siap untuk dihidangkan, bisa tambahkan sambal jenis apapun sesuai dengan selera untuk menambah kenikmatan saat menyantap bersama dengan keluarga.

Melihat bumbu sampai dengan proses pembuatan ayam goreng lengkuas memang cukup panjang, tetapi ketika dilakukan semuanya tidak butuh waktu lama. Anda bisa menjadikan menu tersebut sebagai andalan keluarga yang nikmat. Setelah ayam diungkep dengan bumbu dan ditiriskan, bisa pula disimpan lalu digoreng ketika akan dimakan. Jadi akan lebih simpel tanpa perlu mempersiapkan lama untuk menggoreng ayam. Lalu berbagai kebutuhan bahan bumbu ayam lengkuas atau bahan utama ayam berbagai bagian, bisa langsung berbelanja saja di TaniHub. Toko kebutuhan pokok online terlengkap, termurah, aman dan tentunya menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *