Jalan-Jalan ke Luar Kota? Cek Penawaran Bus DAMRI Berikut Ini, Yuk!

Nama DAMRI memang melekat sebagai moda transportasi dari dan menuju bandara. Tapi, tahukah kamu kalau perusahaan bus milik BUMN ini juga menyediakan layanan perjalanan antar kota, provinsi, sampai antar pulau?

Ya, saat ini rute yang ditawarkan bus DAMRI memang tak terbatas pada perjalanan menuju atau pulang dari bandara, tetapi juga menjangkau berbagai daerah di Jawa dan Sumatera. Menariknya lagi, kini transaksi pembelian tiket DAMRI makin mudah dan praktis karena dapat dipesan secara online via Traveloka.

Jadi, buat kamu yang punya agenda perjalanan ke luar kota bisa menggunakan layanan DAMRI untuk menghindari kelelahan akibat berkendara.

Tentang DAMRI

Perjalanan DAMRI sebagai perusahaan transportasi telah dimulai sejak Indonesia belum merdeka. Tepatnya pada tahun 1943 pemerintahan Jepang menciptakan dua layanan transportasi berbayar yaitu Zidosha Sokyoku yang berfungsi untuk mengangkut penumpang dan Jawa Unyu Zigyosha sebagai angkutan barang.

Setelah Indonesia merdeka kedua layanan tersebut kemudian berubah nama dan melebur menjadi satu perusahaan bernama Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau DAMRI. Dalam perjalanannya DAMRI terus mengalami transformasi demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Dengan berbagai inovasi yang telah ditelurkan, DAMRI sukses memikat hati masyarakat, bahkan sempat menerima penghargaan terbaik kedua di ajang penghargaan keselamatan transportasi tahun 2016 yang digelar oleh Kementerian Perhubungan.

Saat ini, jumlah armada DAMRI yang beroperasi hampir mencapai angka 3 ribu unit dan tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia. Lewat slogan berbunyi smart motivation, integrity, learning, dan enthusiasm DAMRI akan terus bekerja keras demi menambah kenyamanan penumpang.

Jenis Armada dan Fasilitas

Bicara tentang tipe armada bus DAMRI, perusahaan ini punya 7 tipe armada dengan format dudukan 2-2 dan seluruh armada yang dipakai merupakan unit buatan Mercedes-Benz. Supaya lebih jelas cek poin-poin di bawah ini, yuk!

  •  Bisnis AC Non-toilet
  • Bisnis Non-toilet
  • Eksekutif Toilet
  • Royal Eksekutif
  • Bisnis AC Toilet
  • Royal Class
  • VIP AC.

Mengenai fasilitas DAMRI telah menyiapkan stopkontak untuk pengisian daya, AC, bantal tidur, kursi recliner, dan makanan.

Rute Populer DAMRI

Inilah beberapa trayek bus DAMRI yang banyak diminati oleh para penumpang. Ayo cek ulasannya berikut ini. Siapa tahu ada rute impianmu.

1. Jakarta-Surabaya

Jakarta-Surabaya merupakan rute yang dinantikan oleh banyak penumpang. Dalam periode Januari-Agustus 2022 DAMRI pun berhasil melayani lebih dari 50 ribu penumpang untuk rute ini.

Dilansir dari Traveloka, harga tiket DAMRI rute Jakarta-Surabaya dibanderol mulai dari Rp340 ribu. Pemberangkatan pertama biasanya dimulai pukul 14.00 WIB sampai 19.00 WIB. Adapun titik berangkat bus DAMRI di Jakarta berlokasi di pool DAMRI Kemayoran dan Terminal Pulo Gebang.

2. Jakarta-Lampung

Rute terpopuler bus DAMRI kedua adalah Jakarta-Lampung. Untuk rute ini bus mulai berangkat pukul 10.00 WIB dari kawasan Stasiun Gambir, sedangkan pemberangkatan terakhir dilakukan pukul 20.30 WIB. Untuk tarifnya, DAMRI rute Jakarta-Lampung dibanderol mulai Rp255 ribu. Nantinya lokasi pemberhentian.

Beberapa lokasi pemberhentian bus DAMRI yang ada di Lampung antara lain pool DAMRI Tanjung Karang, kantor DAMRI Metro, agen DAMRI Bandar Jaya, RM Soponyono Kotabumi, agen DAMRI Sukadana, dan agen DAMRI Kota Agung.

3. Lampung-Bandung

Bila kamu datang dari Lampung menuju Bandung, DAMRI menyediakan tiket perjalanan mulai dari Rp380 ribu sampai Rp450 ribu per kursinya.

Armada pertama mulai berangkat pukul 07.00 WIB dari kantor DAMRI Metro. Selain itu, kamu juga bisa naik bus DAMRI dari pool DAMRI yang ada di Tanjung Karang. Di Bandung lokasi pemberhentiannya berada di pool DAMRI Kebon Kawung.

4. Bandung-Kuningan

Bagi penumpang dari Bandung yang hendak menuju Kabupaten Kuningan, bus DAMRI dapat diakses dengan membayar tiket sebesar Rp120 ribu. Bus mulai berangkat pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk titik berangkatnya berada di Terminal Cicaheum Bandung menuju Terminal Tipe A Ancaran Brass yang ada di Kuningan.

5. Bandung-Indramayu

Tiket perjalanan bus DAMRI dari Bekasi menuju Indramayu dihargai sebesar Rp110 ribu per kursi. Berlokasi di Terminal Cicaheum Bandung, keberangkatan dimulai sejak pukul 05.30 WIB sampai 14.00 WIB menuju Terminal Indramayu.

Cara Pesan Tiket DAMRI

Jadi, rute mana yang akan kamu pilih untuk perjalanan nanti? Untuk saat ini pemesanan tiket bus DAMRI bisa dilakukan melalui aplikasi maupun website Traveloka. Adapun caranya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Traveloka, lalu pergi ke menu Tiket Bus & Travel
  2. Lengkapi detail perjalanan mulai dari lokasi berangkat, tujuan, jadwal berangkat, dan jumlah kursi.
  3. Setelah itu Traveloka akan menampilkan detail operator yang tersedia lengkap dengan informasi jadwal dan harga.
  4. Di proses selanjutnya kamu diminta untuk mengisi data diri penumpang
  5. Lakukan pembayaran sesuai tagihan untuk menerima e-tiket

Sekarang liburan jadi lebih mudah dengan layanan bus DAMRI dan Traveloka, bukan? Yuk, pesan tiket perjalananmu sekarang juga sebelum harga incaran habis dibeli orang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *