7 Cara Rawat Mobil Bekas Agar Awet

Meskipun dibeli dalam kondisi bekas pakai tapi mobil ini tetap perlu dirawat dengan baik layaknya mobil baru agar performanya bisa tetap oke. Jadi, merawat mobil bekas tidak bisa sembarang atau asal agar mobil tetap nyaman digunakan dan jika nantinya ingin dijual kembali harganya bisa tetap tinggi.

Cara Rawat Mobil Bekas di Rumah

Agar performa dari mobil tetap optimal dan mobil bisa berumur panjang, maka sejumlah perawatan rutin seperti berikut ini perlu dilakukan:

1.     Rajin Ganti Oli

Peran oli sangat penting yaitu mencegah karat dan membuat berbagai komponen di dalam mobil yang saling bergesekan tidak mengalami masalah. Oli akan menjadi pelumas agar berbagai gesekan yang sering terjadi tidak menimbulkan masalah pada komponen.

Jika mesin kurang mendapat pelumas, maka mesin bisa cepat aus dan performa dari mobil tentunya tidak optimal. Inilah alasan mengapa mobil yang jarang ganti oli bisa sering mogok. Waktu ideal untuk ganti oli adalah ketika jarak mobil mencapai 10.000 km, atau dengan pemakaian normal setara dengan 6 bulan.

2.     Air Radiator

Seiring waktu, kandungan kandungan anti-corrosion dan anti-freeze dari air radiator bisa berkurang, sehingga perlu diganti secara rutin. Air radiator sendiri berperan untuk mencegah overheating pada mesin. Secara umum, air radiator mobil perlu diganti per 20.000 km atau ketika warna air keruh.

3.     Karburator Harus Bersih

Bersihkan karburator secara rutin dengan sikat gigi bekas atau bisa juga langsung dibawa ke bengkel karena karburator yang kotor bisa membuat sistem penyaringan mobil terganggu dan membuat mesin mogok atau susah di starter.

4.     Pilih Bahan Bakar yang Ideal

Pilih BBM yang nilai oktannya disarankan oleh pabrikan asal mobil agar mesin mobil tetap sehat dan berumur panjang. Nilai oktan sendiri menjadi indikasi dari mutu bahan bakar. Semakin tinggi nilai oktan maka semakin bagus juga bahan bakar dan kinerja dari mesin mobil bisa lebih optimal.

5.     Cek AC

AC biasanya adalah yang paling sering bermasalah pada mobil second, karenanya membutuhkan perhatian lebih. Beberapa hal yang bisa dilakukan agar kondisi AC tetap optimal adalah jaga kebersihan kabin, kondensor AC harus selalu bersih, dan bersihkan filter AC.

Servis AC mobil juga perlu dilakukan secara berkala dan cepat perbaiki jika ada kerusakan misal suhu tidak dingin seperti biasa.

6.     Perhatikan Timing Belt

Jika bagian ini rusak maka mesin mobil bisa mati total. Masa pakai dari timing belt sendiri sekitar 50.000 – 80.000 km. Jadi saat sudah masuk ke angka tersebut, lakukan penggantian timing belt.

7.     Jaga Kebersihan

Mobil bekas bisa tampak seperti baru jika rajin dibersihkan, baik interior atau pun eksteriornya. Selain itu, mobil bersih bisa lebih nyaman digunakan, dan jika ada kerusakan pada body misalnya baret maka segera lakukan perbaikan.

Mobil second bisa memiliki kualitas yang tidak jauh beda dengan mobil baru jika dirawat dengan benar dan rutin seperti tujuh hal di atas. Tapi sebelumnya, pastikan untuk membeli mobil second yang memang masih layak pakai dari tempat terpercaya seperti mo88i.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *