6 Cara Mudah Dapatkan Reseller untuk Tingkatkan Bisnis

 

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, peran reseller dalam bisnis sangat penting. Bisa menjadi ‘ujung tombak’ bisnis dan memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Bisa dibilang, para reseller ini juga merupakan aset yang sangat berharga untuk membuat bisnis makin berkembang. Maka dari itulah memiliki reseller yang banyak dan loyal merupakan impian para empunya usaha.

Namun sayangnya, tidak gampang mendapatkan reseller, terutama yang memiliki loyalitas tinggi. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa ya. Inilah beragam cara untuk mendapatkan reseller yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda.

1. Tawarkan Harga Khusus

Ini sudah menjadi teknik banyak orang. Meski sepertinya sangat biasa, namun pemberian harga khusus kepada reseller ini ternyata cukup ampuh. Sampai saat ini harga masih menjadi pertimbangan utama saat seseorang memutuskan untuk menjadi reseller. Apalagi supplier memberikan penawaran harga yang lebih spesial jika mengambil lebih banyak barang.

Dengan harga yang terbilang lebih rendah di pasaran, para reseller juga bisa memberikan ‘rewards’ tersendiri untuk pelanggannya. Selain itu, para reseller juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Jika demikian, bukan hal yang mengherankan jika sang reseller terus mengorder lebih banyak barang lagi di kemudian hari.

2. Memberikan Channel Incentive ke Reseller

Cara selanjutnya yang tidak hanya membuat reseller berdatangan namun juga loyal adalah pembuatan channel incentive. Nantinya jika sudah mencapai target-target tertentu yang telah ditetapkan reseller akan mendapatkan insentif tersendiri dari supplier. Nah, insentif ini bisa beraneka ragam bentuknya, bisa uang, barang, harga yang jauh lebih murah lagi dan lainnya. Tergantung pada kemurahan hati masing-masing pemilik usaha.

Tidak jarang, hadiah liburan juga diberikan kepada para reseller dengan omset tertinggi. Dengan pemberian insentif ini membuat para reseller lainnya berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah atau bonus-bonus menggiurkan.

Bagi Anda yang ingin membuat channel incentive tidak perlu repot, karena sudah ada TADA yang memudahkan para pelaku usaha untuk memberikan insentif. Bagi Anda yang belum terlalu familiar, TADA merupakan sebuah platform berbasis data yang hadir untuk membantu pemilik bisnis untuk membangun loyalty. Dengan pembuatan channel incentive, bisnis jadi lebih profesional dan pemberian bonus lebih adil.

3. Jabarkan Keuntungan Menjadi Reseller Anda

Guna menggaet lebih banyak reseller baru, perkenalkan terlebih dahulu barang yang akan Anda beli. Keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya, bahan pembuat, dan lain sebagainya. Setelah memperkenalkan barang, selanjutnya kenali potensi yang dimiliki oleh sang calon reseller, supaya bisa memiliki teknik yang pas nantinya.

Nah setelah mengetahui berbagai potensi yang dimiliki oleh reseller, jabarkan berbagai keuntungan yang Anda tawarkan. Menawarkan harga khusus dan pemberian channel incentive, Anda bisa memberikan sesuatu yang menggiurkan sehingga membuat para reseller jadi berlomba-lomba untuk memiliki omset tinggi. Jabarkan secara mendetail keuntungan-keuntungan apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Jika ada pertanyaan jawab dengan gamblang supaya di kemudian hari tidak ada hal yang mengganjal.

4. Jual Produk yang Berkualitas Tentunya

Hal lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah buatlah produk yang berkualitas. Untuk apa reseller banyak jika produk yang ditawarkan masih tidak jelas yang membuat para konsumen kabur. Mungkin awalnya harga yang diperhitungkan, namun lama kelamaan kualitas suatu barang juga akan dipertimbangkan. Maka dari itulah untuk membuat reseller setia, selalu perbaiki kualitas barang.

Jangan ragu untuk meminta masukan kepada para reseller tentang keluhan-keluhan dari konsumen terhadap barang yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tahu kondisi pasar dan bagaimana barang diterima oleh konsumen. Jika barang sudah memiliki kualitas yang bagus dan reseller banyak, bukan hal yang mengherankan jika barang Anda akan ludes dalam waktu yang singkat.

5. Tawarkan Kemudahan Transaksi

Uang memang sesuatu hal yang perlu diatur dengan sangat baik. Pun dengan uang yang digunakan untuk transaksi, baik bagi reseller atau supplier. Maka dari itulah supaya mendapatkan reseller yang militan, tawarkan kemudahan dalam transaksi, tidak perlu berbelit-belit. Jika memungkinkan, miliki berbagai akses ke pembayaran secara gratis, tidak ada biaya tambahan.

Apalagi sekarang ini banyak sekali pilihan pembayaran, dompet online pun bertebaran. Lakukan cara yang praktis dan mudah, yang akan membuat reseller betah. Ditambah lagi setiap ada pembayaran, baik itu reseller ke dropshipper atau sebaliknya lakukan dengan cepat tanpa ditunda-tunda. Penundaan pembayaran kepada reseller bisa memupuk rasa kecewa yang membuat loyalitas terkikis.

6. Jadikan Reseller Sebagai Partner Bukan Bawahan

Dari awal, rangkullah para calon reseller sebagai seorang partner dalam berbisnis. Jabarkan apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Pun kerugian yang mungkin saja terjadi. Jika terjadi sesuatu hal bisa dikomunikasikan terlebih dahulu supaya bisa dicari jalan tengahnya.

Jangan menganggap reseller sebagai bawahan atau lebih rendah dari Anda. Dengan sistem partner bisnis, posisinya akan sama-sama tidak ada yang merasa direndahkan. Dengan begini, komunikasi bisnis juga akan semakin lancar.

Reseller bisa dibilang merupakan marketing tanpa gaji bulanan yang tetap. Maka dari itulah perlakukan dengan baik, selalu pantau perkembangan yang terjadi di pada reseller, termasuk kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan lain sebagainya.

Itulah deretan cara untuk mendapatkan reseller guna meningkatkan bisnis Anda semakin besar dan memberikan untung dapat berkali-kali lipat. Mulai dari menawarkan harga khusus sampai dengan menganggap reseller sebagai mitra bisnis. Nah, jangan lupa untuk terapkan cara-cara diatas untuk mendapatkan banyak reseller yang berkualitas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *